Minggu, 28 Juli 2019

Yuk Kepoin Proses Membuat Batik Motif Bercak / Abstrak

Batik Motif Bercak/Abstrak : EvLy Collection
Kota Pekalongan memang paling terkenal dengan seni batiknya, namun tidak semua penghasil batik bisa membuat batik motif bercak / abstrak. Membuat batik motif bercak membutuhkan imajinasi dari si pengrajin itu tersendiri.

Motif batik dikatakan abstrak oleh orang karena motif ini merupakan hasil pengembangan proses kreatifitas pembuatnya, sehingga menghasilkan corak motif batik yang berbeda disetiap pembuatannya. “Proses membatik motif abtrak rata-rata tidak menggunakan canting, meskipun ada yang dikombinasikan dari guratan canting namun terbilang jarang.

Para pembuat batik abstrak dituntut untuk bebas mengekspresikan guratan-guratan lukisan abstrak ke berbagai media membatik. Kebebasan itu pula yang mengembangkan batik abstrak dapat diaplikasikan ke dalam beragam jenis pakaian, perhiasan, hingga lukisan.

Bagaimana jika bahan batik Bercak/abstrak ini dibuat menjadi pakaian, Anda bisa lihat detail di video berikut ini :





Menjelaskan proses pembuatan batik abstrak tidak jauh berbeda dari pembuatan batik pada umumnya. Mulanya kain dilukis dengan menggunakan malam sesuai kehendak pembuatnya, lalu setelah jadi memalui proses pewarnaan. Proses membatik dilakukan kembali dan diwarnai lagi. Barulah terakhir, merebus kain yang sudah dibatik dan dijemur di bawah sinar matahari.

Keunikan batik abstrak yang mampu diaplikasikan tidak hanya ke kain saja, tetapi dapat juga di kain kaos serta lukisan membuat karya seni ini diminati dan dipesan oleh orang-orang di berbagai kota hingga luar negeri.

Kain umumnya adalah kain katun putih. Seperti di tulis di atas, sebenarnya segala jenis kain yang dapat diresapi malam sehingga menghalangi pewarnaan dapat digunakan sebagai bahan batik. Masing-masing jenis kain tersebut akan berbeda dalam penanganannya. Kain bahan batik ini dapat pula memiliki warna dasar bukan putih. Namun kain yang tidak berwarna putih tentu akan menghasilkan warna yang berbeda dengan warna celupan. Sementara kain putih akan berwarna seperti warna celupan.

Jenis-jenis kain yang digunakan sebagai bahan dasar akan menentukan kualitas batik nanti setelah jadi. Juga akan menentukan daya tahan warna. Pengalaman dari para pembatik, beberapa jenis kain yang sangat halus, sulit untuk dibatik, karena malam cair mudah meresap kedalam kain sehingga malam mengering tidak persis seperti jejak canting (alat untuk menorehkan malam cair). Untuk masing-masing kain diperlukan malam dalam komposisi tertentu sehingga jejak canting persis seperti yang diinginkan.


Sekian artikel tentang batik bercak/abtrak, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. 

#EvLyCollection #BatikPekalongan #Hijab_EvLy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INSPIRASI GAMIS TERBARU 2020

Gamis menjadi pilihan pertama bagi muslimah tidak hanya untuk momen lebaran saja, namun seiring perkembangan jaman juga mengikuti trend dew...